Cara Mencegah Diabetes Melitus Tipe 2

Obat Herbal Diabetes
By | Agustus 9, 2016

Cara Mencegah Diabetes Melitus Tipe 2

Cara Mencegah Diabetes Melitus Tipe 2,- Pencegahan terhadap diabetes melitus tipe 2 ini bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Simak seperti apa pencegahan nya? Kita langsung bahas saja pembahasan nya disini.

Cara Mencegah Diabetes Melitus Tipe 2

Melakukan tindakan pencegahan untuk mengurangi resiko berbahaya dari terkena penyakit diabetes tipe 2 adalah cara terbaik sebelum terlanjur terkena penyakit diabetes melitus tipe 2. Hanya ada sekitar 90% orang yang di diagnosa mengalami diabetes adalah diabetes melitus tipe 2, berarti sisanya adalah diabetes tipe 1.

Diabetes melitus tipe 1 adalah penyakit diabetes yang disebabkan oleh faktor keturunan, sedangkan diabetes melitus tipe 2 adalah disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Maka cara untuk mencegah diabetes melitus tipe 2 adalah dengan menjaga gaya hidup tetap sehat.

Bukan hanya fokus untuk merubah gaya hidup saja, tapi harus juga merubah pola makan, gerak tubuh, dan lain sebagainya. Anda tidak perlu merubah yang tidak bisa dirubah seperti usia riwayat diabetes pada keluarga.

Orang yang mengalami pra diabetes sangat besar resiko nya terkena diabetes, dan penderita pra diabetes ini ada banyak, kemudian pra diabetes tersebut akan berubah menjadi diabetes melitus tipe 2. Pra diabetes sendiri merupakan kondisi seseorang dengan kadar gula darah melebihi batas normal, namun masih belum bisa disebut sebagai penderita diabetes. Perlu untuk anda ketahui! Kondisi pra diabetes masih bisa dilawan atau ditanggulangi.

Ketika anda merasa sangat sehat, kemudian level gula darah berada diatas kadar yang normal (pra diabetes), anda akan terkena diabetes jika tidak segera dilakukan tindakan pencegahan. Lakukanlah pencegah seperti diet, mengatur pola makan, mengontrol atau menurunkan berat badan, dan bergerak aktif secara fisik.

Diet dan mengatur pola makan

Mengatur pola makan dan diet merupakan hal terpenting dan termasuk ke dalam cara mencegah diabetes melitus tipe 2. Anda hanya perlu memperhatikan asupan karbohidrat yang anda makan, khususnya karbohidrat sederhana yang tinggi seperti glukosa atau gula.

Untuk tetap bisa mendapatkan energi yang cukup, pilihlah karbohidrat kompleks seperti serat fiber yang hanya ditemukan pada sayur dan buah, kemudian gandum utuh. Karbohidrat kompleks tidak mudah dicerna, sehingga kandungan gula yang ada di dalamnya tidak akan terlepas ke dalam darah dan anda pun tetap merasa kenyang, serta kebutuhan energi pun tetap terpenuhi.

Perbedaan beberapa jenis karbohidrat adalah melihat seberapa cepat dicerna oleh usus dan diedarkan ke seluruh jaringan tubuh. Karbohidrat biasa seperti nasi sangat mudah dicerna, sehingga kadar gula yang terkandung di dalam karbohidrat tersebut akan langsung terlepas ke dalam darah, sehingga pankreas dipaksa untuk mengeluarkan banyak insulin.

Berbeda pada karbohidrat kompleks, karena kadar gula pada karbohidrat kompleks terikat, kemudian butuh waktu lama dalam proses pencernaan, sehingga kadar gula yang terkandung di dalam karbohidrat kompleks tidak akan terlepas ke dalam darah, tapi langsung berubah menjadi sumber energi untuk tubuh. Hindari jenis makanan dan minuman seperti soft drink, soda, dan produk yang mengandung gula atau pemanis buatan tambahan.

Mengendalikan berat badan

Cara mencegah diabetes melitus tipe 2 selanjutnya adalah mengendalikan berat badan. Ketika anda memiliki kelebihan berat badan, maka sangat penting untuk bisa menurunkan nya beberapa kilo saja, hal itu merupakan cara mencegah diabetes melitus tipe 2 yang efektif. Dalam penelitian terungkap bahwa menurunkan berat badan sebanyak 5 kilogram , bahkan dalam waktu hanya beberapa tahun, sudah bisa menurunkan resiko terkena diabetes melitus tipe 2 sebanyak 50%.

Berat badan berlebih atau dalam bahasa lain over weight dan obesitas, sangat mudah sekali terkena penyakit diabetes melitus tipe 2. Memiliki berat badan berlebih atau obesitas sendiri merupakan penyebab seseorang terkena penyakit diabetes melitus tipe 2. Dapat mengendalikan berat badan tetap ideal adalah aspek paling awal yang dikatakan oleh dokter ahli diabetes dalam pencegahan penyakit diabetes.

Bergerak aktif secara fisik

Sangat penting untuk anda mencegah penyakit kardiovaskular yang merupakan salah satu komplikasi penyakit diabetes, dengan melakukan gerak tubuh secara aktif seperti olahraga rutin, merupakan cara mencegah diabetes melitus tipe 2 dengan mudah dan santai. Otot manusia berperan penting dalam penyerapan glukosa sebagai respon insulin, maka melakukan gerak aktif secara fisik dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, ini termasuk ke dalam cara menjaga kadar glukosa dalam darah tetap normal.

Anda tidak perlu setiap hari berkeringat, asalkan bergerak aktif secara fisik, maka anda akan mendapatkan manfaatnya. Jalan kaki dengan santai selama 30 menit setiap hari, hal seperti ini sudah bisa mencegah diabetes melitus tipe 2 sebanyak 30%. Usahakan untuk meluangkan waktu selama 30 menit, minimal nya cukup 5 kali dalam seminggu untuk olahraga. Cara ini bukan hanya efektif mencegah diabetes melitus tipe 2, tapi sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Itulah beberapa cara mencegah diabetes melitus tipe 2 yang bisa langsung anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga pembahasan di artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.

Herbal Diabetes

Glucoblock Obat Diabetes, produk herbal diabetes dari perusahaan Green World Global yang sudah terbukti ampuh dapat mengatasi penyakit diabetes. Terbuat dari bahan herbal alami sehingga sangat aman dikonsumsi.

Dapat menurunkan kadar gula darah tinggi dan mencegah komplikasi sampai diabetes sembuh total. Baca Selengkapnya >>

Plaza Herbal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *