Ciri Ciri Orang Kena Penyakit Hepatitis

Obat Herbal Diabetes
By | November 14, 2016

Ciri Ciri Penyakit Hepatitis

Ciri Ciri Penyakit Hepatitis,- Hepatitis merupakan penyakit yang dapat membuat organ hati menjadi rusak, hal ini dikarenakan organ hati mengalami peradangan karena toxin seperti bahan kimia dari obat, alkohol, makanan tidak sehat, dan sebagainya, sehingga memicu virus hepatitis A, B, C, D atau E berkembang dan menginfeksi organ hati.

Ciri Ciri Penyakit Hepatitis

Penyakit hepatitis ini sangat berbahaya, karena merusak organ hati, sehingga sangat wajar apabila penyakit ini bisa menyebabkan korban jiwa. Orang yang terkena penyakit hepatitis akan memiliki beberapa gejala atau ciri ciri penyakit hepatitis yang umum.

Mengetahui ciri ciri penyakit hepatitis ini sangat penting, karena dengan anda mengetahui ciri ciri penyakit hepatitis, maka akan memudahkan anda dalam mengatasi atau mencegah penyakit ini. Meskipun semua penderita penyakit hepatitis berbeda-beda, dan terkadang ada penderita yang sama sekali tidak menujukan gejala yang khas, tapi anda bisa tau dengan mengetahui ciri penyakit hepatitis secara umum.

Dan ciri ciri penyakit hepatitis ini adalah :

Mudah lelah

Orang yang menderita penyakit hepatitis akan mudah lelah, hal ini disebabkan oleh rasa sakit pada hati. Jadi penderita hepatitis tenaganya habis karena sering menahan rasa sakit di dada, tepatnya pada bagian organ hati, dan ketika sedikit bekerja saja, maka akan mudah lelah. Oleh sebab itu, sebaiknya penderita hepatitis harus banyak beristirahat dan jika memang harus bekerja, sebaiknya lakukan pekerjaan yang memang benar-benar penting dan tidak memakan banyak tenaga.

Nyeri otot

Orang yang menderita penyakit hepatitis akan mudah terkena sakit atau nyeri pada otot nya. Penyebab hal ini adalah otot-otot tubuh yang tertarik, terutama otot pada bagian perut. Otot-otot yang tertarik akan menimbulkan rasa nyeri dan biasanya akan lebih terasa rasa nyeri nya ketika organ hati tidak mampu bekerja maksimal. Selain otot-otot yang terasa nyeri, semua persendian pun akan terasa nyeri, hal ini dikarenakan otot-otot tubuh yang melekat pada persendian.

Merasa mual

Organ hati terhubung dengan sistem pencernaan pada perut, sehingga ketika ada masalah pada organ hati seperti terkena penyakit hepatitis, maka dengan sendirinya penderitanya akan merasa mual. Maka sangat wajar apabila penderita hepatitis sering mual, dan ketika rasa mual datang, maka akhirnya muntah. Jadi orang yang menderita hepatitis akan mudah merasa mual yang kemudian rasa mual nya tidak tertahan kan, sehingga muntah.

Sering sakit kepala

Selain terhubung dengan sistem pencernaan, ternyata organ hati juga terhubung dengan saraf lainnya, bahkan saraf kepala. Maka sangat wajar juga, ketika organ hati terkena hepatitis, penderitanya akan mudah sakit kepala.

Rasa Gelisah

Penderita hepatitis akan merasakan rasa sakit pada otot nya, mudah lelah, merasa mual, dan sering sakit kepala. Akibat dari rasa sakit tersebut, maka muncul lah perasaan gelisah. Perasaan gelisah yang muncul membuat kondisi psikologis dan keseimbangan tubuhnya terganggu.

Mudah marah

Ketika rasa gelisah muncul, kemudian kondisi psikologis dan keseimbangan tubuhnya terganggu, maka penderita hepatitis yang sedikit saja tersinggung, akan mudah marah. Kondisi penderita hepatitis yang mudah marah ini adalah kondisi yang tidak dapat mengendalikan emosi nya, walaupun masalahnya kecil, maka orang yang menderita hepatitis akan mudah marah. Jadi sebaiknya, perlakukan penderita hepatitis dengan baik, dan jangan membuatnya tersinggung.

Mudah mengantuk

Penderita hepatitis yang gelisah, mudah marah, mudah lelah, dan sering sakit lainnya, akan membuatnya mudah mengantuk, sehingga orang menderita hepatitis akan sering tidur. Memang sebaiknya penderita hepatitis banyak istirahat, tapi tidak baik juga jika sering tidur, apalagi waktu tidurnya dalam jangka waktu yang lumayan lama.

Kulit dan kuku berwarna kuning

Penyakit hepatitis membuat fungsi hati tidak bisa berjalan dengan normal, akibatnya banyak racun yang menumpuk di dalam tubuh. Pada fungsi hati yang tidak bisa berfungsi dengan baik, maka kulit dan kuku penderita hepatitis ini akan terlihat menjadi kuning.

Berat badan menurun

Salah satu fungsi hati adalah untuk mengendalikan kadar asam amino dan menyerap mineral ke dalam sistem pencernaan. Jika terkena penyakit hepatitis, maka kedua fungsi tersebut tidak akan berjalan dengan normal, sehingga menyebabkan penurunan berat badan, bahkan berat badan bisa turun secara drastis dan jika hal tersebut terjadi, maka bisa sangat berbahaya.

Area mata menjadi kuning

Pada area bola mata, ada bagian mata yang berwarna putih, dan bagian ini akan berubah menjadi kuning. Hal ini terjadi karena zat racun dalam tubuh sudah menyebar sangat luas, bahkan sampai menodai bola mata, sehingga warna mata yang putih pun menjadi kuning. Akibat dari warna mata menjadi kuning, maka penderitanya pun akan memiliki pandangan mata yang kabur.

Air urine yang gelap

Pada saat kencing, maka penderita hepatitis air urine nya akan menjadi gelap, dan ini disebabkan oleh zat racun yang keluar lewat urine tanpa disaring oleh hati. Jika hal ini terjadi, maka penyakit hepatitis sudah menandakan masuk ke tahap yang parah.

Perut bagian atas membengkak

Organ hati terletak di area dada dan dekat dengan perut bagian atas, sehingga penyakit hepatitis yang meradang akan membengkak dan menimbulkan pembengkakan juga di perut bagian atas. Perut bagian atas yang membesar akan semakin besar dan berkembang, maka penderitanya akan sering merasakan nyeri pada perut. Selain perut yang terasa nyeri, organ hati pun akan terasa nyeri.

Tinja menjadi keras

Tinja yang sehat adalah tinja yang berwarna kuning dan lembek, apabila penyakit hepatitis sudah semakin parah, maka tinja akan berwarna putih dengan tekstur yang kasar. Tentu saja jika hal ini terjadi, maka tinja pun menjadi kaku dan keras.

Demam

Penderita hepatitis dengan organ hati yang rusak, maka ciri cirinya adalah demam. Demam terjadi karena organ hati rusak beserta fungsinya, sehingga sistem metabolisme akan terganggu dan menyebabkan demam.

Itulah ciri ciri penyakit hepatitis, dan terkadang beberapa ciri diatas ada yang tidak disadari oleh penderita hepatitis. Ketika anda mengalami salah satu ciri penyakit hepatitis diatas, maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter akan bisa mendapatkan penanganan yang tepat sebelum penyakit hepatitis menjadi parah. Semoga informasi yang telah disampaikan dalam artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.

Baca juga ⇒ Obat Herbal Penyakit HEPATITIS

Plaza Herbal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *