Efek Samping Obat Sakit Perut

Obat Herbal Diabetes
By | Desember 20, 2016

Efek Samping Obat Sakit Perut

Efek Samping Obat Sakit Perut,- Sakit perut bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari diare sampai penyakit tertentu.

Efek Samping Obat Sakit Perut

Dari semua penyebab dari masalah sakit perut tersebut, masih bisa teratasi dengan adanya penggunaan obat sakit perut.

Tapi sayangnya, obat sakit perut pun akan berbeda-beda reaksinya pada setiap orang. Maksudnya, reaksi obat akan berbeda dan tergantung dari tingkat keparahan penyakit.

Maka dari itu, anda harus tau mengenai efek samping obat sakit perut. Obat sakit perut sendiri memiliki efek sampingnya, jadi anda harus tau apa saja obatnya.

Beberapa obat sakit perut yang sering digunakan oleh dokter diantaranya adalah :

1. Antasida

Antasida adalah obat sakit perut untuk masalah penyakit maag. Anda yang merasakan rasa sakit luar biasa akibat terkena maag, bisa langsung reda sakitnya setelah mengkonsumsi antasida.

Obat maag antasida ini cukup ampuh atasi maag biasa, tapi efek samping obat ini cukup keras dan berbahaya. Penggunaan antasida secara berlebihan dapat merusak organ hati dan ginjal, selanjutnya adalah sistem pencernaan lambung yang tidak berfungsi akibat dari reaksi obat ini.

Antasida mampu netral kan asam lambung tinggi, dan asam lambung sendiri berfungsi sebagai pencerna makanan, jadi jika berlebihan, fungsi lambung bisa rusak.

2. Obat pencahar

Jika anda memiliki masalah sakit perut jenis susah buang air besar, maka solusinya adalah dengan mengkonsumsi obat pencahar. Sekali minum dalam dosis sedikit saja anda bisa langsung buang besar.

Efek samping dari obat ini cukup keras dan berbahaya. Karena obat pencahar membuat seseorang terus buang air besar, maka resiko kekurangan cairan tubuh bisa sangat berbahaya.

3. Parasetamol

Obat parasetamol adalah obat medis untuk mengatasi masalah penyakit demam tinggi, tapi parasetamol sendiri bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit perut.

Efek samping dari obat ini cukup ringan, sehingga anak-anak masih bisa mengkonsumsi obat ini. Meski demikian, berikanlah dosis yang cukup dan jangan berlebihan, jika perlu, sebaiknya konsultasi kan dulu kepada dokter.

4. Ibuprofen

Ibufropen adalah obat anti inflamasi dan anti peradangan untuk penderita sakit perut. Saat perut anda terasa sangat sakit, maka cara menghilangkan rasa sakitnya adalah dengan mengkonsumsi obat ini.

Efek samping dari obat Ibuprofen cukup keras, jadi tidak bisa dikonsumsi oleh anak-anak dibawah umum 16 tahun. Penderita penyakit hati dan ginjal dilarang mengkonsumsi obat ini. Selain itu, kerusakan pada organ hati dan ginjal bisa terjadi jika berlebihan mengkonsumsi obat Ibuprofen ini.

5. Antidiare

Obat antidiare bisa dengan mudah anda dapatkan di apotik terdekat yang ada di kota anda. Obat antidiare ini adalah obat sakit perut untuk atasi masalah diare.

Efek samping dari penggunaan obat antidiare juga keras. Orang yang mengkonsumsi obat antidiare tanpa resep dokter cukup berbahaya. Penyebab seseorang terkena diare berbeda-beda, jadi sebaiknya anda konsumsi sesuai dengan resep dokter agar disesuaikan dengan penyebab diare nya, sehingga cukup aman.

Jadi itulah beberapa efek samping obat sakit perut. Saat anda terkena masalah sakit perut, cara ter aman adalah dengan berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum menggunakannya. Semoga bermanfaat.

Plaza Herbal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *