Ketahui Bahaya Kafein Untuk Diabetes

Obat Herbal Diabetes
By | Mei 11, 2016

Ketahui Bahaya Kafein Untuk Diabetes

Ketahui Bahaya Kafein Untuk Diabetes,- Disini akan dibahas tentang efek berbahaya mengkonsumsi kafein yang berlebihan untuk diabetes.

Ketahui Bahaya Kafein Untuk Diabetes

Sebenarnya kafein adalah senyawa alkaloid yang merupakan senyawa alami pada beberapa jenis tanaman tertentu. Tanaman yang mengandung senyawa alkaloid kafein ini adalah kopi, cola dan teh. Pastinya anda berfikir kalau cola adalah minuman bersoda dari bahan kimia, tapi sebenarnya minuman bersoda berasal dari tanaman cola yang mengandung senyawa alkaloid kafein.

Kafein ini berfungsi sebagai stimulan untuk sistem syaraf pusat, sebagai perangsang dan berfungsi menghilangkan rasa ngantuk agar tetap waspada.

Ada yang harus anda Ketahui Bahaya Kafein Untuk Diabetes, tapi sebenarnya kafein juga ada beberapa manfaatnya untuk penderita diabetes.

Tapi sesuai dengan pembahasan artikel ini, yaitu tentang Ketahui Bahaya Kafein Untuk Diabetes, maka saya akan membahas tentang efek berbahaya dari kafein untuk penderita diabetes.

Sebelum membahas apa yang menjadi bahaya dari kafein untuk diabetes, ada baiknya kita membahas dulu masalah diabetes agar lebih paham.

Pengertian Diabetes

Diabetes adalah penyakit gula darah atau penyakit kencing manis yang dimana penderita diabetes ini memeiliki kadar gula dalam darah yang sangat tinggi.

Oleh karena itu penderita diabetes sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula, karena akan sangat berbahaya apabila dikonsumsi.

Diabetes yang menyebabkan kadar gula dalam darah tinggi disebabkan zat insulin pada tubuh manusia berkurang, sedangkan zat insulin berfungsi untuk mengatur kadar gula dalam darah.

Zat insulin sendiri adalah zat alami manusia yang dihasilkan oleh pankreas dan berfungsi untuk mengatur kadar gula dalam darah dan mengubahnya menjadi sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Diabetes bisa menyebabkan seorang penderitanya terkena beberapa komplikasi penyakit serius seperti, terkena serangan jantung, gagal ginjal, gangguan hati, impotensi, stroke dan sebagainya.

Penyebab dari seseorang yang terkena diabetes adalah kebiasaan pola hidup yang tidak sehat seperti, obesitas, merokok, mengkonsumsi makanan cepat saji dan jarang berolahraga.

Menurunkan kadar gula dalam darah adalah solusi terbaik untuk mengatasi penyakit diabetes, anda bisa memanfaatkan kafein untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

Kafein memang bisa menurunkan kadar gula dalam darah, tapi kafein juga memiliki efek yang berbahaya bagi penderita diabetes apabila dikonsumsi secara berlebihan dan sudah melawati batas yang dianjurkan.

Ketahui Bahaya Kafein Untuk Diabetes

Kafein yang dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan efek yang buruk bagi kondisi tubuh penderita diabetes, jadi sebaiknya jangan mengkonsumsi kafein dengan jumlah yang banyak. Batas kafein yang dianjurkan hanya boleh mengkonsumsi kafein sebanyak 2 kali sehari dengan takaran gelas kecil.

Berikut ini adalah efek yang buruk bagi kondisi penderita diabetes dari kafein yang dikonsumsi secara berlebihan. Diantaranya adalah :

1. Dapat menyebabkan gula dalam darah menumpuk

Mengkonsumsi kopi yang mengandung kafein sebanyak 3 kali sehari dan mencampurkan gula tebu sebagai penambah rasa manisnya sangat tidak baik untuk penderita diabetes.

Gula dalam darah bisa menumpuk dan kondisi diabetes akan memburuk, maka sebaiknya adalah konsumsi kopi 2 kali sehari dengan gula jagung sebagai penambah rasa manisnya.

2. Sistem metabolisme tubuh terganggu

Kafein yang dikonsumsi secara berlebihan akan membuat produksi insulin oleh pankreas melambat, maka hasilnya adalah sistem metabolisme tubuh yang terganggu.

Jika sistem metabolisme terganggu, maka tubuh tidak akan mendapatkan nutrisi dan energi yang cukup untuk dibutuhkan oleh tubuh.

3. Meningkat kan resistensi insullin

Kafein yang dikonsumsi melebihi takaran yang dianjurkan, maka akan mengakibatkan resistensi insulin dalam tubuh meningkat, maka hasilnya adalah zat insulin yang melemah.

Dikarenakan zat insulin dalam tubuh melemah, maka hasilnya adalah kadar gula dalam darah naik drastis dan tidak terkendali.

4. Penyerapan glukosa dalam darah terhambat

Penderita diabetes memiliki kadar gula dalam darahnya yang sangat tinggi, maka saat kafein yang dikonsumsi terlalu banyak, hal itu akan membuat terganggu nya penyerapan glukosa dalam darah.

Semakin gula dalam darah meningkat, maka aliran darah akan tersumbat dan menyebabkan kinerja pankreas untuk menghasilkan zat insulin terganggu. Jika pankreas terus terganggu, maka dalam jangka waktu panjang fungsi pankreas akan rusak dan tidak bisa menghasilkan lagi zat insulin.

Itulah sedikit pembahasan tentang Ketahui Bahaya Kafein Untuk Diabetes. Semoga bermanfaat.

Plaza Herbal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *