Khasiat Dan Manfaat Bawang Putih Untuk Penyakit Diabetes

Obat Herbal Diabetes
By | Mei 7, 2016

Khasiat Dan Manfaat Bawang Putih Untuk Penyakit Diabetes

Khasiat Dan Manfaat Bawang Putih Untuk Penyakit Diabetes,- Bawang putih yang merupakan penyedap masakan, ternyata memiliki khasiat yang luar biasa untuk penyakit diabetes. Apa saja khasiat nya? Mari kita simak pembahasan nya disini.

Khasiat Dan Manfaat Bawang Putih Untuk Penyakit Diabetes

Semua orang juga tahu kalau bawang putih adalah jenis rempah yang dipakai untuk bumbu masak dan membuat masakan menjadi enak. Ada banyak bawang putih di pasaran dengan harga murah, maka tidak akan sulit untuk mencari bawang putih. Saya sendiri sangat suka dengan bawang putih, tapi itu juga harus diolah dulu menjadi bumbu masakan yang di tumis, dan rasa masakan tumis yang dicampur bawang putih menjadi lebih lezat.

Bawang putih dengan bau yang menyengat dan apabila anda mengiris bawang putih, maka akan keluar air mata.

Walau demikian, ternyata bawang putih terdapat beberapa kandungan yang sangat baik untuk kesehatan dan penyakit diabetes, sesuai dengan pembahasan, kali ini saya akan membahas mengenai Khasiat Dan Manfaat Bawang Putih Untuk Penyakit Diabetes.

Diabetes sendiri adalah penyakit serius yang sangat berbahaya dan merupakan pembunuh nomor 6 di dunia.

Di beberapa negara maju, penyakit diabetes adalah penyakit serius yang harus diperhatikan dan harus segera ditangani.

Di Indonesia sendiri, penyakit diabetes sering disebut dengan penyakit kencing manis atau penyakit gula. Disebut demikian karena memang penyakit ini merupakan penyakit dengan kadar gula dalam darah yang tinggi.

Penderita diabetes akan sering mengeluh lemas, pusing dan mudah lelah, hal ini dikarenakan penderita diabetes tidak mendapatkan pasokan energi yang cukup akibat sistem metabolisme yang rusak.

Rusaknya sistem metabolisme tubuh pada penderita diabetes, disebabkan oleh zat insulin yang dihasilkan oleh pankreas berkurang.

Pankreas akan menghasilkan zat insulin, zat insulin sendiri berfungsi untuk mengatur dan mengubah kadar gula dalam darah menjadi sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jika zat insulin dalam tubuh berkurang, maka kadar gula dalam darah menjadi tidak terkendali dan jika makanan yang dikonsumsi tidak diperhatikan, maka kadar gula dalam darah akan terus naik disaat zat insulin dalam tubuh berkurang.

Jadi intinya adalah penyakit diabetes ini adalah gangguan pada sistem metabolisme tubuh. Penyakit diabetes yang merusak sistem metabolisme tubuh, tentunya akan menyebabkan penderita diabetes terkena komplikasi berbagai macam penyakit.

Komplikasi yang terjadi dari penderita diabetes adalah terkena beberapa penyakit serius tertentu seperti, terkena penyakit jantung, gagal ginjal, kebutaan, impotensi dan masih banyak lagi.

Jika penderita diabetes terluka, maka luka yang dialaminya sangat sulit untuk disembuhkan, sehingga luka yang tidak pernah sembuh bisa sampai membusuk.

Jika luka pada penderita diabetes membusuk, maka perlu dilakukannya proses amputasi untuk membuang bagian tubuh yang terluka dan membusuk akibat luka diabetes.

Sebenarnya penyakit diabetes ini disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Jika anda memiliki pola hidup yang tidak sehat, sebaiknya segera ubah, sebelum penyakit diabetes menyerang anda.

Pola hidup tidak sehat yang menyebabkan timbulnya penyakit diabetes adalah merokok, jarang olahraga, terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi, obesitas atau kelebihan berat badan dan faktor keturunan.

Dalam kasus penyakit diabetes, faktor keturunan sering menjadi alasan ter kuat seseorang yang menderita penyakit diabetes.

Kebanyakan penderita diabetes disebabkan oleh faktor keturunan, maka ada larangan untuk tidak menikah dengan seseorang yang sama memiliki riwayat penyakit diabetes.

Khasiat Dan Manfaat Bawang Putih Untuk Penyakit Diabetes

Bau menyengat bawang putih memang tidak se tajam bau bawang merah, tapi khasiat dari sebuah tanaman tidak dilihat dari baunya, karena kandungan pada bawang putih sangat cocok untuk mengatasi penyakit diabetes.

Kandungan yang terdapat di dalam bawang putih ini adalah protein, vitamin A, vitamin B-1, dan vitamin C. Selain itu, di dalam bawang putih juga terdapat kalsium, mineral, magnesium, kalium, zat besi, selenium dan asam amino.

Semua kandungan di dalam bawang putih dapat memberikan nutrisi yang cukup untuk tubuh, oleh karena itu bawang putih sangat cocok dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes.

Sebagai obat diabetes, anda bisa mengkonsumsi bawang putih setiap hari setelah selesai makan. Baik pagi, siang atau malam, harus mengkonsumsi bawang putih masing-masing sebanyak 2 atau 3 siung setelah selesai makan.

Untuk penderita diabetes yang mempunyai berat badan di bawah 60 kilogram, maka sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi bawang putih dengan dosis 2 siung bawang putih atau setara dengan 7 gram setelah sekali selesai makan.

Kemudian untuk penderita penyakit diabetes yang memiliki berat tubuh seberat 60 kilogram lebih, maka anjuran mengkonsumsi bawang putihnya sebanyak 3 siung bawang putih atau setara dengan 10 gram bawang putih sehabis sekali makan.

Anda bisa memakannya dengan langsung dimakan mentah atau diolah sesuai dengan selera anda. Itulah sedikit pembahasan tentang Khasiat Dan Manfaat Bawang Putih Untuk Penyakit Diabetes. Semoga bermanfaat.

One thought on “Khasiat Dan Manfaat Bawang Putih Untuk Penyakit Diabetes

  1. Pingback: Manfaat Bawang Putih Bagi Penderita Diabetes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *