Khasiat Dan Manfaat Lamtoro Untuk Diabetes

Obat Herbal Diabetes
By | Mei 13, 2016

Khasiat Dan Manfaat Lamtoro Untuk Diabetes

Khasiat Dan Manfaat Lamtoro Untuk Diabetes,- Disini akan dibahas tentang Khasiat Dan Manfaat Lamtoro Untuk Diabetes.

Khasiat Dan Manfaat Lamtoro Untuk Diabetes

Lamtoro sering disebut petai China oleh masyarakat Jawa, lamtoro ini sering dipakai manfaat dan khasiat nya sebagai botok dan urap-urap. Lamtoro yang merupakan tanaman jenis fabaceae ini memiliki rasa yang lumayan lezat dan enak, tapi bau dari lamtoro ini tidak begitu menggoda, sehingga banyak orang yang masih belum menyukai lamtoro ini.

Lamtoro ini memiliki beberapa kandungan yang bisa berkhasiat untuk kesehatan, salah satunya adalah Khasiat Dan Manfaat Lamtoro Untuk Diabetes.

Selain Khasiat Dan Manfaat Lamtoro Untuk Diabetes, lamtoro juga sering dimanfaatkan untuk dijadikan pohon penghijauan agar tidak terjadi erosi tanah sehingga tidak terjadi banjir dan longsor.

Pohon lamtoro yang banyak ditanam di pinggiran rumah ini, sering dipakai sebagai pohon teduh dan diambil kayunya untuk dijadikan kayu bakar oleh orang-orang yang tinggal di Desa dan Perkampungan.

Biji lamtoro ini bisa dikonsumsi, selain bijinya, ujung daun lamtoro yang masih muda juga bisa dikonsumsi dan sering disantap sebagai urap-urap yang rasanya enak.

Jika mengingat sejarah, lamtoro ini diperkirakan berasal dari benua Amerika yang berasa di wilayah ber iklim tropis, dan perkirakan juga kalau tanaman ini memang sudah ditanam di pulau jawa sejak ratusan tahun yang lalu, akhirnya pohon lamtoro ini bisa tersebar ke seluruh pelosok nusantara ini.

Perlu anda ketahui, bahwa rasa dari daun dan biji lamtoro ini sangat lezat, hanya saja baunya yang memang menyengat dan kurang sedap.

Tapi, dari kelezatan daun dan biji lamtoro ini, ternyata banyak mengandung nutrisi dan senyawa alami yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Sebelumnya sudah disebutkan kalau lamtoro ini sangat berkhasiat untuk kesehatan dan Penderita Diabetes, itu karena kandungan yang terdapat pada daun dan biji lamtoro ini.

Di dalam biji dan daun lamtoro ini, terdapat kandungan yang bermanfaat, diantaranya adalah :

  • Protein.
  • Lemak.
  • Kalsium.
  • Zat besi.
  • Fosfor.
  • Mimosin.
  • Leukanin.
  • Vitamin A.
  • Vitamin B1.
  • Vitamin C.

Lamtoro ini merupakan tumbuhan yang bisa tumbuh dengan sangat cepat, sehingga banyak tanaman ini ditanam di hutan untuk selingan pohon jati, tujuannya agar pohon jati ikut tumbuh lurus ke atas agar bisa memperoleh sinar matahari yang cukup.

Daun biji lamtoro ini atau petai China ini, sudah banyak orang yang memanfaatkannya sebagai pengobatan herbal, begitu juga tentang Khasiat Dan Manfaat Lamtoro Untuk Diabetes, lamtoro ini sering dijadikan sebagai bahan pembuatan obat herbal tertentu.

Khasiat Dan Manfaat Lamtoro Untuk Diabetes

Ada banyak nama dari lamtoro ini, setiap daerah punya sebutan masing-masing untuk tanaman lamtoro ini, sebutnya seperti peuteuy selong, pete selong, metir, kemlandingan, selamtara, peutuey China, kamalandingan, pelending, kalandingan.

Untuk mempersatukan semua perbedaan, maka kita sebut saja lamtoro. Kali ini saya akan membahas tentang Khasiat Dan Manfaat Lamtoro Untuk Diabetes.

Mengkonsumsi lamtoro ini selama 3 hari sebanyak 2 kali dalam seharinya, bisa menurunkan kadar gula dalam darah penderita diabetes.

Diabetes sendiri adalah penyakit yang membuat penderitanya mengalami kenaikan kadar gula dalam darah yang sangat tinggi.

Kadar gula dalam darah yang naik tidaklah bagus, karena seharusnya kadar gula dalam darah berubah menjadi sumber nutrisi dan energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Biasanya penderita diabetes perlu melakukan suntuk insulin agar kadar gula dalam darahnya bisa terkendali dan kembali normal.

Tapi memakai suntik insulin tidak bersifat permanen dan efek dari suntik insulin hanya bersifat sementara, dengan kata lain kadar gula dalam darah tidak sepenuhnya menurun.

Zat insulin sebenarnya ada di dalam tubuh manusia, karena zat insulin merupakan hormon alami manusia yang dihasilkan  oleh pankreas sebagai pengendali kadar gula dalam darah dan bertugas juga untuk mengubah kadar gula dalam darah menjadi sumber nutrisi dan energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sedangkan penderita diabetes memiliki zat insulin yang sedikit, sehingga kadar gula dalam darah menjadi tidak terkendali.

Maka dengan mengkonsumsi lamtoro secara rutin dan teratur, kadar gula dalam darah bisa turun secara drastis.

Lamtoro memang bisa menurunkan kadar gula dalam darah, tapi itu juga tergantung kondisi fisik yang mengkonsumsi nya.

Terkadang ada yang kadar gula dalam darahnya turun dalam waktu 3 hari dan ada yang lebih, khasiat dari semua tanaman herbal tergantung dari kondisi tubuh penggunanya.

Walaupun lamtoro bisa menurunkan kadar gula dalam darah, anda juga harus tetap memperhatikan apa yang anda konsumsi.

Karena penderita diabetes tidak boleh sembarangan dalam hal makanannya, karena salah saja makanan yang dikonsumsi, bisa menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi naik tinggi dan itu sangat berbahaya.

Plaza Herbal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *