Makanan Pengganti Nasi Untuk Penderita Diabetes Melitus

Obat Herbal Diabetes
By | Mei 11, 2016

Makanan Pengganti Nasi Untuk Penderita Diabetes Melitus

Makanan Pengganti Nasi Untuk Penderita Diabetes Melitus,- Berikut ini akan kami bahas mengenai Makanan Pengganti Nasi Untuk Penderita Diabetes Melitus.

Makanan Pengganti Nasi Untuk Penderita Diabetes Melitus

Penderita diabetes melitus tidak boleh mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokoknya, karena nasi bisa menyebabkan kadar gula dalam darah penderita diabetes melitus meningkat.

Nasi putih biasa mengandung karbohidrat yang memiliki kadar gula yang sangat tinggi, jadi nasi putih sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Diabetes melitus adalah penyakit kencing manis atau penyakit gula darah yang dimana penderitanya memiliki kadar gula dalam darah yang sangat tinggi.

Oleh karena itu akan sangat berbahaya bagi penderita diabetes melitus untuk mengkonsumsi nasi putih biasa. Solusi terbaik nya adalah dengan mencari Makanan Pengganti Nasi Untuk Penderita Diabetes Melitus.

Karena penderita diabetes melitus juga harus tetap mendapatkan asupan nutrisi dan energi yang cukup untuk tubuh.

Dikarenakan penderita diabetes melitus tidak boleh mengkonsumsi nasi putih biasa, maka mencari Makanan Pengganti Nasi Untuk Penderita Diabetes Melitus adalah solusi terbaik nya.

Berikut ini adalah Makanan Pengganti Nasi Untuk Penderita Diabetes Melitus, diantaranya adalah :

1. Beras merah

Beras putih sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, maka sebaiknya membuat nasi dari beras merah.

Beras merah merupakan makanan pokok yang bisa menjadi pengganti nasi dari beras putih biasa, sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus.

Beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang mengikat kadar gula di dalamnya, sehingga kadar gula dalam beras merah tidak akan terlepas dan menjadi kadar gula dalam darah.

Selain itu beras merah juga dapat mengatus kadar gula dalam darah, hal ini dikarenakan beras merah mengandung banyak serat, kemudian beberapa vitamin seperti, vitamin B, berfungsi untuk memenuhi asupan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh seorang penderita diabetes.

2. Singkong

Jangan anggap remeh singkong sebagai makanan kelas bawah, karena buat mereka yang sedang menderita diabetes melitus, singkong sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

Singkong merupakan sumber karbohidrat kompleks yang bisa mengenyangkan sama seperti nasi putih biasa, maka dengan mengkonsumsi singkong, nutrisi dan energi yang dibutuhkan oleh tubuh akan terpenuhi.

3. Roti gandum

Makanan pokok yang bisa menggantikan nasi selanjutnya adalah roti gandum. Sebaiknya mengkonsumsi roti gandum jenis whole grain.

Jika dibandingkan dengan roti gandum lainnya, roti gandum jenis whole grain hampir tidak memiliki efek yang dapat menaikkan kadar gula dalam darah.

Walaupun roti gandum sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, tetap saja anda tidak boleh mengkonsumsi roti gandum dengan porsi yang banyak dan berlebihan.

4. Talas

Talas memiliki kandungan vitamin yang sangat besar, kandungan terbesar yang ada terkandung di dalam talas adalah protein dan karbohidrat.

Talas yang dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus dapat mengendalikan kadar gula dalam darah, selain itu, talas juga bisa mencegah resiko terkena gangguan penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Mengolah talas dengan cara direbus dan tanpa adanya campuran bahan apapun, akan membuat talas terbebas dari kolesterol jahat dan tentunya sangat baik efeknya untuk kesehatan tubuh.

5. Kentang

Kentang sering dimanfaatkan sebagai menu diet, itu berarti menu diet untuk penderita diabetes juga bisa memanfaatkan kentang.

Kentang bisa dijadikan makanan pokok selain nasi, tapi cara mengolah kentang juga harus benar, jika cara mengolah kentang salah, maka tidak akan ada manfaatnya, malah akan memberikan efek buruk bagi kesehatan.

Biasanya olahan buruk kentang adalah dengan menjadikannya kentang goreng, proses penggorengan kentang akan membuat kentang menjadi terkandung kolesterol jahat di dalamnya, selain itu lemak yang tidak sehat juga terkandung di dalam olahan kentang goreng.

Maka cara terbaik dalam mengolah kentang agar bisa dimanfaatkan dan dikonsumsi oleh penderita Penyakit Diabetes Melitus adalah dengan cara di kukus atau direbus.

6. Sagu

Sagu di beberapa bagian wilayah di Indonesia, sering dijadikan sebagai makanan pokok sehari-hari. Sagu yang berasal dari batang pohon sagu bisa dijadikan makanan pokok pengganti nasi.

Sagu bisa diolah menjadi tepung sagu untuk dijadikan roti, olahan sagu seperti ini sangat bagus dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus.

Demikianlah sedikit ulasan singkat tentang Makanan Pengganti Nasi Untuk Penderita Diabetes Melitus. Semoga bermanfaat.

Plaza Herbal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *