Manfaat Beras Merah Bisa Menurunkan Resiko Diabetes

Obat Herbal Diabetes
By | Mei 6, 2016

Manfaat Beras Merah Bisa Menurunkan Resiko Diabetes

Manfaat Beras Merah Bisa Menurunkan Resiko Diabetes,- Ternyata nasi dari beras merah dapat menurunkan resiko diabetes. Seperti apa penjelasannya? Mari kita simak pembahasan nya disini.

Manfaat Beras Merah Bisa Menurunkan Resiko Diabetes

Nasi putih yang biasa anda konsumsi memang lezat dan bisa membuat perut menjadi kenyang. Nasi putih yang dikonsumsi setiap hari sudah menjadi sumber energi sehari-hari, dan jika tidak makan nasi sekali saja, maka rasanya akan sangat lemas dan tidak bersemangat, padahal jika dibandingkan dengan beras merah, nasi putih masih kalah hebat dengan beras merah.

Penelitian menunjukan, kalau mengkonsumsi nasi putih akan meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes.

Maka tidak heran jika penderita diabetes dilarang untuk mengkonsumsi nasi putih, paling mereka dianjurkan untuk mengkonsumsi oatmeal atau nasi dari beras merah sebagai pengganti nasi putih.

Sedangkan nasi yang berasal dari beras merah dapat menurunkan resiko seseorang terkena penyakit diabetes, hal ini dikarenakan kandungan pada beras merah yang rendah kalori sangat baik dikonsumsi untuk penyakit penderita diabetes.

Diabetes sendiri adalah penyakit yang menyerang sistem metabolisme tubuh. Disaat tubuh membutuhkan energi, maka dengan metabolisme, makanan akan diubah menjadi sumber energi yang dibutuhkan tubuh.

Sedangkan disaat terkena diabetes, sistem metabolisme tubuh tidak bisa bekerja dengan baik, hal ini dikarenakan zat insulin dalam tubuh berkurang.

Zat insulin adalah zat alami pada tubuh manusia yang dihasilkan oleh pankreas, maka disaat terkena diabetes, zat insulin menjadi berkurang, sedangkan dalam sistem metabolisme tubuh, peran zat insulin sangat dibutuhkan.

Fungsi dari zat insulin adalah merubah kadar gula dalam darah menjadi sumber energi, maka saat terkena penyakit diabetes yang menyebabkan zat insulin berkurang, kadar gula dalam darah menjadi tidak bisa terkendali.

Kelebihan karbohidrat dari nasi putih yang sering dikonsumsi akan menyebabkan zat insulin dalam tubuh berkurang, sedangkan masyarakat Indonesia selalu mengkonsumsi karbohidrat dengan karbohidrat lain, hal itu sangat tidak baik dan akan memicu timbulnya diabetes.

Contohnya adalah ketika makan mie instan dicampur dengan nasi, itu sangat tidak baik untuk kesehatan, karena nasi sendiri sudah mengandung karbohidrat yang tinggi dan mie instan juga mengandung karbohidrat yang tinggi.

Kebiasaan seperti itulah yang akan menyebabkan seseorang terkena diabetes. Memiliki nafsu makan yang tinggi dan obesitas juga termasuk penyebab seseorang terkena penyakit diabetes.

Diabetes akan menyebabkan seseorang terkena komplikasi penyakit kronis seperti gagal ginjal, penyakit jantung, impotensi, dan gangguan kesehatan lainnya.

Mengurangi makanan dengan kadar gula yang rendah adalah solusi terbaik untuk mengurangi resiko terkena diabetes. Dengan mengkonsumsi beras merah yang rendah kalori dan kadar gula yang rendah, akan membantu anda mengurangi resiko terkena penyakit diabetes.

Manfaat Beras Merah Bisa Menurunkan Resiko Diabetes

Sebenarnya beras merah juga termasuk makanan yang mengandung karbohidrat, namun bedanya dengan nasi putih adalah beras merah merupakan karbohidrat kompleks.

Karbohidrat sederhana seperti nasi putih tidak memerlukan waktu lama dalam proses pencernaan, sehingga kandungan gula akan terlepas semua dan hasilnya adalah kadar gula dalam darah yang tinggi dan membuat zat insulin dalam tubuh berkurang, sehingga terjadilah penyakit diabetes.

Sedangkan nasi dari beras merah adalah karbohidrat kompleks yang memerlukan waktu lama dalam sistem pencernaan makanan, maka hasilnya adalah kandungan gula dalam beras merah akan tertahan.

Konsumsi nasi dari beras merah sebanyak 2 porsi sehari, anda juga bisa menambahkan porsi nya jika 2 porsi perhari tidak membuat anda kenyang.

Selama 2 minggu mengkonsumsi nasi dari beras merah, maka resiko terkena diabetes akan menurun, selain itu, sepertiga nasi putih dengan nasi dari beras merah pun dapat menurunkan resiko diabetes dengan persentase sebesar 6%.

Kandungan serat nasi dari beras merah sangat banyak, karena nasi dari beras merah tidak diproses dengan penggilingan, maka dari serat inilah yang membuat nasi dari beras merah sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Serat yang tinggi pada nasi dari beras merah tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah secara drastis, maka hal inilah yang membuat nasi dari beras merah lebih unggul dari nasi putih biasa.

Sering mengkonsumsi nasi dari beras merah akan menurunkan resiko anda terkena penyakit diabetes, dan ketika anda terkena diabetes pun sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi nasi dari beras merah untuk membantu proses penyembuhan penyakit diabetes.

Itulah sedikit pembahasan tentang Manfaat Beras Merah Bisa Menurunkan Resiko Diabetes. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *