Manfaat Buah Duwet Untuk Diabetes

Obat Herbal Diabetes
By | Mei 16, 2016

Manfaat Buah Duwet Untuk Diabetes

Manfaat Buah Duwet Untuk Diabetes,- Disini akan dibahas informasi menarik tentang Manfaat Buah Duwet Untuk Diabetes.

Manfaat Buah Duwet Untuk Diabetes

Buah duwet yang sebesar buah anggur ini adalah buah yang masih termasuk ke dalam jambu air dan cengkeh. Buah duwet memiliki nama latin syzygium cumini, pohon dari buah duwet ini lumayan tinggi, yaitu bisa sekitar 10 sampai 20 meter. Ciri fisik dari buah duwet ini seperti sama dengan buah kurma, tapi berbeda, ciri fisik dari buah duwet ini adalah bulat lonjong memanjang.

Kulit dari buah ini berwarna tipis mengkilap dengan ukuran 1 sampai 5 sentimeter, warna dari buah ini adalah merah tua dan ada juga yang berwarna ungu kehitaman.

Saat buah duwet ini berbuah, maka buah duwet ini akan tumbuh bergerombolan besar dengan warna daging buah yang berwarna putih, kuning kelabu dan ada juga yang berwarna merah ungu.

Kalau dilihat, warna dari buah duwet ini kurang menarik untuk dikonsumsi dan seperti memiliki bau yang menyengat, padahal buah ini sama sekali tidak berbau.

Buah duwet ini memiliki banyak sebutan disetiap daerah di Indonesia, dan setiap daerah, memiliki sebutan yang berbeda-beda untuk buah duwet ini.

Kandungan antioksidan buah duwet ini sangat tinggi, sehingga buah ini sangat berkhasiat untuk kesehatan, selain untuk kesehatan, buah duet juga memiliki Manfaat Buah Duwet Untuk Diabetes.

Manfaat Buah Duwet Untuk Diabetes ini dikarenakan kandungan yang ada pada buah duwet, kandungan tersebut diantaranya adalah :

  • Antioksidan.
  • Fenol.
  • Minyak asiri.
  • Alkaloid.
  • Tanin.
  • Triperpenoid.
  • Asam organik.
  • Vitamin C.

Semua kandungan tersebut sangat berkhasiat dalam memberikan nutrisi untuk tubuh dan menjaga kesehatan tetap terjaga.

Mengenai Manfaat Buah Duwet Untuk Diabetes, sekarang ini saya akan membahas dulu tentang penyakit diabetes.

DIABETES

Diabetes sendiri merupakan penyakit kronis yang membuat penderitanya memiliki kadar gula dalam darahnya sangat tinggi.

Sedangkan kadar gula dalam darah seharusnya dirubah menjadi sumber nutrisi dan energi untuk tubuh, tapi karena terkena diabetes, maka kadar gula dalam darah pun tidak bisa berubah menjadi sumber nutrisi dan energi untuk tubuh.

Akibat dari kadar gula dalam darah yang tidak berubah menjadi sumber nutrisi dan energi adalah kondisi fisik penderita diabetes yang lemah akibat tidak mendapatkan asupan energi dan nutrisi yang cukup untuk tubuh.

Penyebab dari kadar gula dalam darah yang naik dan tidak terkendali adalah karena zat insulin di dalam tubuh sudah berkurang.

Sedangkan zat insulin berperan penting dalam sistem metabolisme glukosa pada tubuh manusia.

Zat insulin adalah hormon alami manusia yang dihasilkan oleh organ pankreas dan berfungsi untuk mengatur kadar gula dalam darah dan merubah nya menjadi energi dan nutrisi yang cukup untuk tubuh.

Akibat seseorang yang terkena diabetes adalah terkena beberapa komplikasi serius seperti, terkena penyakit jantung, gagal ginjal, gangguan hati, impotensi, hipertensi, stroke dan masih banyak lagi.

Kemudian akibat dari kadar gula dalam darah yang tinggi, maka ketika penderita diabetes terluka, luka tersebut menjadi sangat sulit untuk disembuhkan.

Luka yang sangat sulit untuk sembuh pun akhirnya menjadi membusuk, ketika sudah membusuk, maka melakukan amputasi adalah solusinya.

Amputasi bertujuan untuk membuang bagian tubuh yang sudah membusuk agar tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Penyebab seseorang yang terkena diabetes adalah kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat seperti, merokok, jarang berolahraga, terlalu banyak makan yang manis, sering mengkonsumsi makanan cepat saji, obesitas dan kebiasaan gaya hidup tidak sehat lainnya.

Penyebab lainnya adalah faktor keturunan, banyak sekali penderita diabetes yang disebabkan oleh faktor keturunan, faktor keturunan menjadi penyebab utama seseorang terkena diabetes.

Anda masih bisa terhindar dari resiko diabetes jika anda melakukan gaya hidup yang sehat, meskipun anda berpotensi terkena diabetes karena faktor keturunan.

Manfaat Buah Duwet Untuk Diabetes

Manfaat Buah Duwet Untuk Diabetes ini adalah dapat menurunkan kadar gula dalam darah penderita diabetes, sehingga kadar gula dalam darah penderita diabetes dapat dikendalikan.

Selain dapat menurunkan kadar gula dalam darah, buah duwet juga bisa memberikan nutrisi dan energi yang cukup pada tubuh penderita diabetes.

Berkurangnya zat insulin pada tubuh akan membuat kadar gula dalam darah menjadi naik dan tidak terkendali, maka hal ini ada kemungkinan terjadinya kerusakan pada organ pankreas sebagai penghasil zat insulin alami.

Maka dengan kandungan yang terdapat pada buah duwet ini, sel beta pankreas akan diperbaiki, dengan diperbaikinya sel beta pankreas, maka organ pankreas pun dapat menghasilkan zat insulin dengan normal seperti biasanya.

Meskipun buah duwet dapat bermanfaat untuk penderita diabetes, bukan berarti penderita diabetes menjadi bebas dalam mengkonsumsi makanan.

Penderita diabetes harus tetap memperhatikan apa yang dikonsumsi nya dan jangan sampai penderita diabetes salah mengkonsumsi makanan.

Sebaiknya mengkonsumsi buah duwet cukup 2 kali sehari saja, jangan berlebihan karena efeknya sangat tidak bagus untuk tubuh.

Itulah pembahasan singkat tentang Manfaat Buah Duwet Untuk Diabetes. Semoga bermanfaat.

Plaza Herbal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *