Pengganti Gula Bagi Penderita Diabetes

Obat Herbal Diabetes
By | Mei 10, 2016

Pengganti Gula Bagi Penderita Diabetes

Pengganti Gula Bagi Penderita Diabetes,- Informasi menarik tentang beberapa Pengganti Gula Bagi Penderita Diabetes.

Pengganti Gula Bagi Penderita Diabetes

Diabetes adalah penyakit gula darah atau penyakit kencing manis yang dimana penyakit ini membuat penderitanya mengalami kenaikan gula dalam darah yang sangat drastis. Maka sudah pasti untuk penderita diabetes tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula.

Karena penderita diabetes tidak bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula di dalamnya, maka gula pasir biasa pun sudah pasti tidak boleh.

Tapi buat para penderita diabetes, bukan berarti anda tidak bisa menikmati manisnya hidup, karena sebenarnya ada Pengganti Gula Bagi Penderita Diabetes.

Pengganti Gula Bagi Penderita Diabetes ini adalah solusi terbaik bagi para penderita diabetes agar tetap bisa menikmati manisnya hidup.

Buat anda para penderita diabetes, ada yang namanya pemanis buatan dengan rasa manis yang mirip dengan gula tapi bukan gula.

Memiliki kadar gula yang sangat rendah dan kalori nol, membuat pemanis buatan ini menjadi solusi untuk para penderita diabetes.

Pemanis buatan ini bisa anda campur kan dengan makanan manis sebagai pengganti gula nya, atau anda bisa memasukkan gula ini ke dalam menu diet diabetes anda.

Pemanis pengganti gula ini adalah pemanis yang terbuat dari bahan alami, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

Di Indonesia hanya ada 13 pemanis buatan yang dibolehkan penggunaannya untuk dicampur kan ke dalam makanan, pemanis buatan itu adalah :

  • Aspartam.
  • Acesufam K.
  • Alitam.
  • Neotam.
  • Siklamat.
  • Sakarin.
  • Sukralosa.
  • Isomalt.
  • Xilitol.
  • Malitol.
  • Sorbitol.
  • Laktitol.

Beberapa pemanis buatan diatas memang telah diijinkan penggunaannya, tapi anda juga tidak boleh mengkonsumsi nya dengan berlebihan.

Anda sering melihat di supermarket ada minuman yang berlabel sugar free. Minuman tersebut memang bebas gula, tapi sebenarnya minuman tersebut menggunakan pemanis buatan.

Untuk mengetahui ciri dari minuman dengan pemanis buatan adalah dengan merasakan rasa manisnya, ketika diminum terasa manis, kemudian datang sedikit rasa pahit setelahnya, itu menandakan minuman tersebut memakai pemanis buatan.

Beberapa pemanis buatan yang telah disebutkan diatas hanya dianjurkan untuk penderita diabetes saja, dan untuk yang tidak menderita penyakit diabetes, sebaiknya mengkonsumsi pemanis dari gula tebu biasa dengan jumlah yang tidak berlebihan.

Ada pemanis alami yang benar-benar sangat aman dikonsumsi untuk penderita diabetes, bahkan untuk orang tidak menderita diabetes pun bisa mengkonsumsi nya.

Yaitu pemanis dari Stevia Sweetener dan xilitol yang telah terbukti aman penggunaannya, pemanis dari gula jagung yang sangat aman untuk penderita diabetes, ternyata penggunaannya juga harus dibatasi.

Walaupun pemanis buatan memiliki kadar kalori yang rendah, penggunaannya juga harus diimbangi dengan mengkonsumsi pemanis alami seperti :

  • Madu.
  • Sirup Maple.
  • Gula Maple.
  • Agave Nektar
  • Stevia sweetener.

Meskipun pemanis buatan dibolehkan untuk penderita diabetes, tapi kadar gula dalam darah tetap tidak akan turun, karena pemanis buatan bukanlah penurun kadar gula dalam darah.

Jadi anda harus tetap membatasi penggunaannya jangan sampai berlebihan, karena dikhawatirkan pemanis tersebut akan membahayakan kondisi diabetes anda.

Pengganti Gula Bagi Penderita Diabetes

1. Madu

Anda bisa memanfaatkan madu sebagai pemanis alami. Madu merupakan pemanis alami yang memiliki manfaat dan khasiat yang sangat bagus untuk kesehatan.

Jadi menggunakan madu sebagai pengganti gula merupakan solusi terbaik dalam setiap makanan manis yang anda konsumsi. Meski begitu, penggunaan madu juga harus tetap dibatasi.

2. Agave nectar

Kemudian anda bisa memanfaatkan agave nectar sebagai pengganti gula. Agave adalah jenis tanaman seperti kaktus yang mengandung kalori yang rendah.

Meskipun agave nectar dari tanaman alami yang berkalori rendah, agave ini memiliki fruktosa yang sangat tingi yang menyebabkan rasanya sangat manis, jadi anda juga harus memperhitungkan penggunaan agave nectar ini sebagai pengganti gula.

3. Pohon maple

Pohon maple yang biasa di ekstrak menjadi sirup atau gula ini bisa dimanfaatkan rasa manisnya sebagai pengganti gula. Sirup atau gula dari pohon maple ini terdapat banyak kandungan yang sangat berkhasiat untuk kesehatan.

4. Stevia sweetener

Stevia sweetener ini dimanfaatkan daun nya untuk dijadikan gula, dan rasa manis dari gula stevia sweetener ini tidak kalah manis dari gula tebu.

Stevia sweetener ini memiliki kadar kalori yang sangat rendah dibandingkan dengan gula pasir dari tebu, sehingga sangat aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Itulah sekilas informasi singkat tentang Pengganti Gula Bagi Penderita Diabetes. Semoga bermanfaat.

Plaza Herbal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *