Press "Enter" to skip to content

Penyebab Sinusitis Pada Anak Dan Dewasa

Penyebab Sinusitis Pada Anak Dan Dewasa

Penyebab Sinusitis Pada Anak Dan Dewasa,- Jangan pernah abaikan penyakit sinusitis, sebab penyakit ini bisa sangat berbahaya. Oleh sebab itu, ketahui tentang penyebab sinusitis pada anak dan dewasa sangat penting untuk anda ketahui.

Penyebab Sinusitis Pada Anak Dan Dewasa

Penyebab utama sinusitis adalah infeksi virus dan bakteri yang membuat sinus yang saluran nya sampai ke hidung meradang. Lantas, bagaimana virus atau bakteri bisa berkembang biak di sinus? Tentu ada faktor yang memudahkan terjadinya itu.

Setiap orang memiliki sinus yang ada di tulang wajah di sekitar hidung, atau disebut sebagai sinus paranasal. Sinus paranasal adalah empat pasang ruang atau rongga dengan dinding tulang dan berisi udara yang mengelilingi rongga hidung. Ruang sinus dilapisi oleh lapisan mukosa (selaput lendir) yang menghasilkan lendir seperti rongga hidung, keempat pasang sinus secara teratur mengeringkan lendir ke dalam rongga hidung melalui lubang kecil yang disebut ostia.

Kita tidak merasakan arus nya, karena lendir yang dihasilkan sangat sedikit, hanya bertujuan untuk melumasi dan membersihkan nya.

Penyebab Sinusitis Terjadinya

Ketika membran mukosa sinus atau ostia lumpuh, sinusitis berkembang. Dalam kamus medis, “itis” berarti meradang, jadi sinusitis berarti sinus yang meradang.

Awalnya, peradangan paling sering disebabkan oleh infeksi virus, misalnya saat flu. Tapi saat proses peradangan berlanjut, maka hal berikut akan terjadi:

  • Selaput lendir membengkak, menghalangi aliran atau drainase cairan dari sinus ke rongga hidung.
  • Lendir dan cairan menumpuk di sinus, menyebabkan tekanan dan rasa sakit.
  • Bakteri lebih cenderung tumbuh di sinus yang tidak bisa mengalir dengan baik. Infeksi bakteri pada sinus sering menyebabkan lebih banyak peradangan dan nyeri.

Pasien akan mengobati rasa sakit dan tekanan di sekitar hidung dan dahi sesuai dengan sinus yang meradang, kadang disertai lendir berwarna, dan hidung tersumbat.

Jika gejala sinusitis dialami selama 4 minggu atau kurang, maka itu disebut sinusitis akut. Jika terus maksimal 8 minggu, itu disebut sinusitis subakut. Sisanya disebut sebagai sinusitis kronis yang bahkan bisa bertahan bertahun-tahun.

Risiko Penyebab Sinusitis Akut dan Kronis

Faktor risiko terbesar untuk sinusitis bakteri akut adalah infeksi saluran pernapasan bagian atas (seperti pilek) yang disebabkan oleh virus. Selain itu, alergi, infeksi telinga, dan kelenjar adenoid bengkak juga membuat seseorang berisiko. Sedangkan pada orang yang merokok atau menjalani operasi sinus sebelumnya lebih mungkin terkena sinusitis kronis.

Faktor Risiko Menyebabkan Sinusitis Akut

Faktor risiko tunggal dan terbesar untuk sinusitis bakteri akut adalah infeksi saluran pernafasan bagian atas, seperti flu biasa. Insidensinya sampai 2 persen orang dewasa dan 13 persen anak-anak. Pada anak-anak, risiko ini meningkat pada mereka yang sering berinteraksi dengan teman sebaya, seperti pada daycares.

Faktor penyebab lainnya yang meningkatkan risiko sinusitis akut antara lain :

  • Alergi musiman atau sepanjang tahun.
  • Adanya polip atau hal lainnya yang membuat penyumbatan hidung.
  • Infeksi telinga atau tenggorokan.
  • Iritan karena udara kering atau asap rokok.
  • Terkena bahan iritan klorin di kolam renang.
  • Kerusakan pada sistem dalam hidung yang membuay hilang zat organ cystic fibrosis atau primary ciliary dyskinesia.
  • Menjadi pengguna atau pecandu kokain.
  • Kekebalan tubuh melemah seperti terkena HIV atau AIDS, diabetes, anemia, dan menjalani transplantasi organ.
  • Mengalami perubahan tekanan udara seperti saat di pesawat terbang.
  • Faktor lain yang menyebabkan drainase sinus.

Faktor Risiko Menyebabkan Sinusitis Kronis

Meski peneliti tidak mengetahui penyebab pasti sinusitis kronis, mereka tahu beberapa hal bisa meningkatkan peluang seseorang terkena sinusitis. Beberapa di antaranya mirip dengan faktor risiko sinusitis akut, termasuk :

  • Alergi. Sinusitis lebih sering terjadi pada orang dengan alergi, seperti rhinitis alergi.
  • Sistem kekebalan tubuh melemah.
  • Kerusakan pada sistem di dalam hidung yang bertugas menghilangkan zat berbahaya.

Faktor risiko lain untuk sinusitis kronis meliputi :

  • Terkena asma.
  • Sensitif terhadap obat anti inflamasi atau (NSAID).
  • Terkena rinitis non alergi.
  • Mengalami infeksi sinus bakteri, virus, atau jamur.
  • Mengalami kondisi GERD.
  • Wegener, vaskulitis churg-Strauss, dan sarkoidosis.

Perhatian! Orang yang merokok juga berisiko tinggi mengalami sinusitis kronis.

Selain hal di atas, sinusitis juga bisa disebabkan oleh penyebaran infeksi dari gigi terutama untuk gigi molar atas karena lokasinya berdekatan dengan sinus maksila. Itulah sebabnya gigi yang membusuk atau mungkin terinfeksi harus segera diobati.

Apa perbedaan faktor risiko sinusitis pada anak-anak dan orang dewasa?

Sinusitis pada anak-anak

Sebelum sistem kekebalan tubuh matang, semua bayi rentan terhadap infeksi pernafasan, jadi jangan heran jika frekuensi pilek atau flu biasa lebih sering sampai setiap 1 – 2 bulan. Dengan demikian, mereka lebih rentan terhadap flu dan bisa diserang 8-12 kali setiap tahunnya.

Hidung dan sinus anak kecil sangat rentang infeksi sehingga anak-anak sangat berisiko terkena sinusitis daripada orang dewasa. Tapi berbeda dengan anak yang di bawah 9 tahun, karena anak yang di bawah 9 tahun jarang terkena sinusitis.

Sinusitis pada orang dewasa

Pada orang dewasa, ternyata sinusitis sangat berisiko tinggi menyerang lansia karena bagian dalam hidungnya cenderung mengering seiring bertambahnya usia. Selain itu juga, tulang rawan yang ada pada hidung sudah lemah, maka menyebabkan aluran udara berubah.

Selain itu, penurunan refleks batuk dan muntah dan penurunan sistem kekebalan tubuh, menempatkannya pada risiko infeksi saluran pernapasan yang lebih serius daripada orang dewasa muda dan setengah baya.

Demikianlah pembahasan mengenai penyebab sinusitis pada anak dan dewasa. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda.

====Rekomendasi Herbal====

Penyakit sinusitis yang paling parah seperti sinusitis kronis bisa diatasi tanpa operasi dengan mengkonsumsi pengobatan alternatif berbahan alami, yaitu teripang laut QnC Jelly Gamat sebagai obat sinusitis.

QnC Jelly Gamat sudah terbukti paling ampuh mampu sembuhkan penyakit sinusitis kronis yang anda derita. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi halaman pengobatan berikut ini : Obat Sinusitis Alami

Plaza Herbal

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Via WhatsApp