Tips Pola Makan Sehat Untuk Mengontrol Diabetes

Obat Herbal Diabetes
By | Desember 12, 2016

Tips Pola Makan Sehat Untuk Mengontrol Diabetes

Tips Pola Makan Sehat Untuk Mengontrol Diabetes,- Diabetes adalah penyakit dengan kadar gula darah tinggi. Oleh sebab itu anda perlu tau tips pola makan sehat untuk mengontrol diabetes ini.

Tips Pola Makan Sehat Untuk Mengontrol Diabetes

Pola hidup sehat benar-benar harus diterapkan pada penderita diabetes, sebab pola hidup sehat dapat berpengaruh terhadap kadar gula darah. Guna agar bisa mencegah kenaikan kadar gula darah, maka pola hidup sehat harusyang benar ini harus anda ketahui.

Melakukan pola hidup sehat berarti mau mengatur pola makan dengan baik dan benar. Meski terkena diabetes, penderita diabetes masih bisa hidup sehat asalkan mau menjalani pola hidup yang sehat.

Sekarang ini sudah banyak penderita diabetes yang berhasil sembuh total dari penyakit diabetes tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan. Caranya sederhana, hanya perlu konsisten menjalani pola hidup yang sehat.

Untuk bisa menangani penyakit diabetes sendiri, maka penderita diabetes harus bisa mengendalikan kadar gula darah. Ada banyak cara menurunkan kadar gula darah yang bisa penderita diabetes lakukan, tapi yang paling penting adalah mengendalikannya.

Sebab kadar gula darah tidak boleh naik tinggi, dan tidak boleh turun terlalu rendah. Jika anda bisa menurunkan kadar gula darah, belum tentu diabetes sembuh, karena kadar gula darah tidak boleh rendah dan harus pada kadar yang normal.

Diet Diabetes

Untuk bisa mengendalikan kadar gula darah, maka penderita diabetes harus menjalani diet diabetes. Melakukan diet diabetes memang sulit, bahkan terkesan sangat sulit.

Tapi diet diabetes cukup sederhana, yang menyulitkan hanya kesungguhan penderita diabetes tersebut dalam menjalani diet diabetes nya. Anda harus ingat, diet diabetes itu sederhana, karena hanya meliputi :

  • Mengkonsumsi makanan penuh nutrisi.
  • Mengkonsumsi makanan rendah lemak.
  • Mengkonsumsi makanan rendah kalori.

Itu adalah cara sederhana untuk cara diet diabetes, tapi yang harus penderita diabetes perhatikan adalah jumlah karbohidrat nya. Cara diatas juga merupakan cara biasa yang orang sehat lakukan, tapi bedanya penderita diabetes akan mengurangi jumlah asupan karbohidrat.

Makanan serat tinggi dan karbohidrat kompleks

Sebenarnya mengurangi karbohidrat itu penting, tapi jika makanan tersebut memiliki kandungan karbohidrat kompleks, maka penderita diabetes bisa mengkonsumsi, meski demikian, tetap tidak boleh berlebihan.

Mengkonsumsi karbohidrat kompleks saja tidak akan cukup untuk membuat perut kenyang. Maka penderita diabetes pun diharuskan untuk mengkonsumsi makanan penuh serat tinggi.

Makanan dengan serat tinggi dapat membuat rasa kenyang bertahan lama, dan penderita diabetes harus mengurangi mengkonsumsi nasi putih, pasta, soda, alkohol, dan makanan manis yang mengandung banyak gula.

Karbohidrat kompleks dan serat tinggi yang sebaiknya penderita diabetes konsumsi adalah beras merah, gandum utuh, dan sereal.

Makanan yang banyak mengandung serat tinggi adalah sayuran hijau. Sayuran hijau mengandung banyak serat, maka sangat baik dikonsumsi penderita diabetes.

Selain itu, buah-buahan juga penting, sebab vitamin di dalam buah-buahan dapat memberikan tubuh terpenuhi asupan nutrisi nya. Serat sendiri dapat menurunkan kadar gula darah secara alami.

Dan buah-buahan pun memiliki rasa manis, tapi aman untuk penderita diabetes. Jadi jangan tambahkan gula lagi jika ingin mengkonsumsi jus buah.

Kurangi makanan manis

Pola makan penderita diabetes yang baik adalah tidak mengkonsumsi makanan manis yang mengandung gula. Tapi boleh penderita diabetes mengkonsumsi makanan manis, tapi ada syaratnya juga.

Jika anda ingin mengkonsumsi makanan manis, maka silakan saja. Penderita diabetes masih bisa mengkonsumsi makanan manis, asalkan makan secukupnya dan tidak boleh berlebihan, itu syaratnya.

Selain syarat tersebut, ada aturannya juga. Penderita diabetes harus mengkonsumsi makanan manis pada saat jam makan dan jadikan makanan manis sebagai makanan penutup.

Jangan mengkonsumsi makanan manis diluar jam makan. Misalnya anda mengkonsumsi makanan manis pada saat senggang dan menjadikan makanan manis yang anda konsumsi sebagai snack camilan makanan ringan.

Anda tidak boleh mengkonsumsi pada waktu diluar jam makan, dan aturan selanjutnya adalah cek dulu kadar gula darah. Cek kadar gula darah, dan pastikan tidak sedang naik atau pun turun, jika sudah dicek, maka anda bisa mengkonsumsi makanan manis.

Mengatur konsumsi lemak

Lemak sendiri ada yang berbahaya dan ada yang tidak. Lemak yang sehat dapat menjadi sumber energi, dan lemak jahat dapat menjadi sumber penyakit.

Karena ada dua jenis lemak tersebut, maka sebaiknya anda pilih lemak baik seperti asam lemak omega 3 pada ikan, susu kedelai, dan kacang-kacangan.

Kemudian untuk lemak jahat sendiri, anda harus hindari lemak jahat. Lemak jahat terdapat pada makanan dalam kemasan seperti es krim, mentega, susu kemasan, dan makanan ringan.

Lemak jahat, contohnya lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol. Anda sudah terkena diabetes, masa anda harus terkena kolesterol, jadi sebaiknya hindari lemak jahat.

Mengatur jadwal makan dan mengatur porsi makan

Mengatur jadwal makan juga sangat penting, oleh karena itu anda harus harus punya jadwal makan yang tetap, Misalnya menentukan jam sarapan, makan siang, dan makan malam.

Anda tidak boleh melewatkan sarapan dan telat makan siang dan malam. Setelah itu anda harus mengatur porsi makan anda juga.

Jangan mengkonsumsi makanan dengan porsi banyak, tapi jangan terlalu sedikit juga. Intinya anda harus mengatur jadwal makan dengan porsi makan yang cukup.

Tips pola makan sehat untuk mengontrol diabetes tersebut sebenarnya bisa dicoba untuk anda yang sehat juga. Penderita diabetes hanya harus menjalani pola hidup yang sehat agar bisa bertahan hidup lebih lama dan kadar gula darah terkendali, jadi pola hidup sehat diatas pun berlaku untuk semua orang yang ingin sehat.

Plaza Herbal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *