Press "Enter" to skip to content

Penyebab Berat Badan Bertambah Saat Puasa

Puasa bukan hanya sekedar ibadah, tapi puasa juga adalah latihan untuk kita bisa melawan hawa nafsu. Beberapa orang sakit kebanyakan mereka adalah pemilik gaya hidup tidak sehat, dan gaya hidup tidak sehat didorong oleh keinginan hawa nafsu saja. Karena untuk bisa sehat, tentu sangat membosankan dan tidak sesuai dengan hawa nafsu kita. Oleh sebab itu, puasa menjadi sebuah sarana latihan kita untuk melawan hawa nafsu. Tapi tetap saja ada yang kalah melawan hawa nafsu pas puasa. Misalnya, dia itu puasa kuat dan tamat sebulan, tapi pas buka puasa makannya banyak, itu artinya dia kalah oleh hawa nafsu. Nah, makan banyak pas buka puasa bisa membuat berat badan jadi naik, malah sangat heran ketika puasa kokk banyak yang bertambah berat badannya ?? Jadi, selain karena kebanyakan makan pas buka puasa, ada lagi beberapa penyebab berat badan bertambah saat puasa lainnya yang akan saya jelaskan disini.

Penyebab Berat Badan Bertambah Saat Puasa

Penyebab Berat Badan Bertambah Saat Puasa

Ketika puasa maka jadwal makan berkurang yang tadinya 3 kali sehari jadi 2 kali sehari, yaitu pas buka dan sahut. Tentu ini sehat dan bisa membuat berat badan seseorang turun. Tapi, ternyata ada saja yang setelah bulan puasa menjadi gemuk. Ini berarti masih ada pola hidup yang tidak sehat selama berpuasa.

Tentunya anda heran ketika melihat seseorang setelah sebulan penuh berpuasa berat badannya malah naik. Nah, anda tidak perlu heran karena bisa dijelaskan penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab berat badan bertambah saat puasa, yang diantaranya adalah :

Terlalu Banyak Makan Karbohidrat

Karbohidrat seperti nasi, roti tawar atau sereal itu enak karena bisa membuat selama puasa menjadi kenyak seharian. Tapi sebaiknya jangan dikonsumsi berlebihan karena dapat membuat berat badan bertambah. Karbohidrat tinggi seperti nasi, roti tawar, dan sereal ini akan langsung diubah menjadi glukosa dalam tubuh dengan sangat cepat sesaat setelah anda mengkonsumi nya. Proses ini membuat pankreas tidak dapat memproduksi hormon insulin dengan baik. Maka akibatnya, tubuh jadi penyimpan lemak dan tidak dapat membakar lemak.

Terlalu Banyak Minum Minuman Tinggi Gula

Gula adalah penyebab  berat badan bertambah selam berpuasa di bulan ramadan. Jadi, jika anda konsumsi gula dalam bentuk cair seperti minuman manis itu berbahaya karena gula cair dalam minuman manis membuat gula langsung masuk ke dalam darah dan menyebabkan kadar gula darah naik tinggi. Hati-hati terkena diabetes.

Perlu anda tau, pada satu kaleng minuman kola berkarbonasi dengan perisa kola 38 gram gula. Jumlah sebanyak itu bisa memudahkan tubuh anda berat badannya bertambah. Apalagi, mau sedang puasa atau tidak, mengkonsumsi gula secara berlebihan memang tidak baik. Mengkonsumsi gula terlalu banyak bisa membuat anda gemuk, terkena diabetes dan beberapa penyakit berbahaya lainnya.

Jumlah Porsi Makan Bertambah

Ketika sedang puasa apalagi pas buka puasa, maka selera makan jadi bertambah. Sehingga, jika tadinya porsi makan sehari-hari anda kecil maka akan jadi porsi besar. Apalagi jika memang normalnya anda punya porsi makan besar, maka pada saat puasa porsi makanan anda akan bertambah besar lagi.

Aktivitas Fisik Berkurang

Penyebab berat badan bertambah saat puasa selanjutnya adalah karena aktivitas fisik yang berkurang. Saat sedang puasa pasti lapar, lemas dan haus, sehingga anda pun jadi tidak mau bersepeda hanya untuk sekedar olahraga. Nah, puasa bukan berarti anda tidak kuat olahraga, tapi sebaiknya olahraga saja dengan teratur supaya berat badan tetap terkendali. Supaya tidak malas olahraga, maka sebaiknya jangan terlalu banyak konsumsi kaliri dan lemak tubuh ketika sedang sahur.

Kurang Tidur

Pada penelitan dilaporkan kalau kurang tidur bisa membuat berat badan bertambah. Di dalam tubuh terdapat hormon leptin yang membuat anda merasa lapar. Nah, ketika anda kurang tidur maka anda akan selalu lapar, akhirnya pas buka puasa langsung makan banyak.

Tidur Setelah Sahur

Ketika harus bangun sahur itu memang sulit, tapi harus sahur biar puasanya kuat. Nah, habis sahur baru lanjut tidur lagi. Tapi itu tidak sehat, malah nanti bisa membuat berat badan anda jadi bertambah. Jadi, habis makan sahur langsung tidur juga merupakan penyebab berat badan bertambah saat puasa.

Stres

Pada sebuah penelitian disebutkan, kalau orang stres itu bawaannya pengen makan makanan manis, asin dan berlemak tinggi, maka tidak heran kalau ada beberapa orang yang hobi ngemil dengan alasan stres. Tentunya cara makan seperti ini tidak sehat dan bisa membuat berat bada bertambah. Untungnya sekarang sedang puasa jadi tidak mungkin ngemil terus. Meski sedang puasa, terkadang stres bisa membuat anda malas bergerak, olahraga, terus maunya tidur terus. Nah, dari hal inilah saat puasa berat badan jadi bertambah.

Nah, jadi itulah beberapa penyebab berat badan bertambah saat puasa. Supaya saat puasa berat badan tetap ideal, maka sebaiknya hindari beberapa hal yang sudah saya sebutkan di atas. Semoga bermanfaat.

Penyebab Berat Badan Bertambah Saat Puasa

Baca juga :

Plaza Herbal

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Konsultasi via WhatsApp Disini